SERTAI KAMI DI SINI - PELAWAT VVIP

13 April 2013

Berbagai Macam Penyebab Komputer Lambat dan Solusinya.

Berbagai Macam Penyebab Komputer Lambat dan Solusinya.



Komputer kamu makin lama makin lambat / lelet / lemot seiring dengan waktu kamu menggunakannya?? Hal ini pastinya sangat menjengkelkan apalagi kita termasuk orang yang sehari-harinya tidak pernah lepas dari PC / Laptop untuk mendukung segala rutinitas pekerjaan kita. Baik itu bekerja untuk kantor, tugas-tugas ataupun aktifitas yang mengharuskan online di internet.

Artikel kali ini khusus diperuntukkan bagi pemula dan tingkat menengah. Hehe.., jadi apabila anda kebetulan tingkat mahir yang kebetulan pula mampir dan sesekali cengar-cengir membacanya, sekalian saya mohon petunjuk, masukan serta koreksinya. Peace Gan..!! 

Dari sisi hardware : 
1. Processor yang terlalu panas - Prosessor yang terlalu panas biasanya karena kurang mendapat pendinginan yang baik sehingga dapat menyebabkan lambatnya kinerja system itu sendiri.

 Solusi : 

Kebersihan bagian hardware perlu mendapatkan perhatian khusus. Jangan hanya bisa menggunakan tanpa merawat daleman komputer, karena bagian-bagian tersebut yang menyebabkan komputer dapat bekerja dengan baik. Lakukan pembersihan secara berkala pada bagian dalam komputer dari debu, kotoran dll. Bersihkan dengan kuas yang tidak terlalu keras, bersihkan prosessor beserta kipas dan komponen lain. Perhatiakan pula exhaust fan dan ventilasi agar tidak tertutup sehingga sirkulasi udara berjalan baik. 

Memory (RAM) yang karena terlampau kecil sehingga tidak mampu mendukung performa system  - Memory yang terlampau kecil sangat mempengaruhi kinerja system komputer secara keseluruhan. Lambatnya komputer saat membuka dan menjalankan beberapa program pada saat bersamaan merupakan salah satu indikator memory yang kurang.  Solusi : Tambahkan/upgrade memory menjadi lebih besar sehingga akan meningkatkan kecepatan komputer. 

Dari sisi software :

 1. Operating System (OS) dan Program terinstal tidak kompatibel dengan hardware - OS harus sesuai dengan kemampuan hardware, begitu pula program yang akan diinstal haruslah kompatibel dengan OS itu sendiri. Solusi : -  OS harus sesuai dengan kemampuan hardware, begitu pula program yang akan diinstal haruslah kompatibe.  Gunakanlah OS dengan versi yang sesuai dengan spesifikasi komputer. Sebagai contoh jangan menginstal Windows Vista pada pentium II. - Bila mendownload aplikasi, terlebih dahulu perhatikan minimum system yang harus dimiliki  komputer, seperti minimum processor, memory, kapasitas hard disk minimum yang harus tersedia, serta versi Windows yang kompatibel sebelum menginstalnya pada komputer kamu

. Tips : bagi kamu yang pemula biasakan membaca minimum system requirements (persyaratan sistem minimum) yang tertera pada cover CD/DVD program (atau biasanya ditemukan pada "read me" di dalam CD) maupun membaca petunjuk pada situs resmi pembuat software. 

 2. Visual Effect yang mempengaruhi performa system – Visualisasi dan tampilan desktop Windows secara default memang menggunakan themes yang menarik dan membuat tampilan desktop menjadi lebih keren. Tapi tahukah kamu sebenarnya themes tersebut akan mempengaruhi kecepatan komputer? Solusi : Untuk membantu mempercepat kinerja system, disarankan untuk mensetting visualisasi tampilan secara minimum dan memilih Theme Classic. Caranya : - Klik kanan My Computer -- > Klik Properties --> Klik Advanced System Settings

0 comments:

Post a Comment